Senin, 17 Agustus 2020

PENGERTIAN WCS DAN UCS Oleh BUDI MARYANTO,ST

 Suatu gambar atau obyek yang dikerjakan pada AUTO CAD diatur dan ditentukan dengan suatu sistem yaitu sistem kordinat.  Ada dua sistem kordinat pada AUTO CAD  yaitu sistem World Cordinate System (WCS) dan User Cordinate System (UCS).  AUTO CAD memberikan lambang  atau icon untuk kedua sistem kordinat tersebut dengan pertemuan dua anak panah (sumbu positif X dan Y) yang disebut sebagai icon WCS atau UCS. Icon ini dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan terutama selama proses menggambar 3 Dimensi

 

 

Gambar icon UCS  pada gambar 3 dimensi puli

 

1.       WORLD COORDINATE SYSTEM (WCS)

Bentuk obyek 3 dimensi diperhitungkan terhadap kordinat di sumbu X,Y dan Z di ruang, yaitu disebut sebagai WORLD COORDINATE SYSTEM (WCS). Sumbu-sumbu X,Y dan Z bertemu dalam satu titik yaitu titik origin (0,0,0). Sumbu-sumbu itu bertemu saling tegak lurus. Titik origin ini adalah sebagai titik awal perhitungan kordinat sehingga tiap bagian obyek gambar mempunyai jarak tertentu pada titik origin  sebagai lokasi absolut. Misalnya pada kordinat cartesius suatu garis digambar dari satu titik ke titik lainnya . Titik-titik ini terletak pada kordinat X,Y dan Z dan garis tadi akan berada diantara titik-titik tersebut.

WORLD COORDINATE SYSTEM (WCS) merupakan salah satu pedoman bagi peletakan obyek gambar yang sederhana. Setiap obyek diletakan pada suatu lokasi absolut. Untuk penggunaan obyek-obyek gambar 3 Dimensi yang rumit, penggunaan kordinat WORLD COORDINATE SYSTEM (WCS) akan mengalami kesulitan. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem kordinat yang lebih mudah dan dapat dipindah kemana saja, mudah disesuaikan  dengan kebutuhan selama proses pembentukan suatu obyek gambar..

   2. USER COORDINATE SYSTEM (UCS)

Pada penggunaan kordinat USER COORDINATE SYSTEM (UCS) adalah lebih mudah untuk disesuaikan dengan kondisi gambar yang berbeda-beda,mudah dipindahkan dan ditempatkan dimana saja di WORLD COORDINATE SYSTEM (WCS). Sumbu-sumbu X,Y dan Z dapat diletakan dan diarahakn kemana saja orientasinya selama proses membentuk dan mengedit gambar-gambar 3 Dimensi. Dengan sendirinya titik origin  akan ikut berubah. Dengan begitu USER COORDINATE SYSTEM (UCS) bersifat sesaat saja untuk memecahkan masalah yang dihadapi pada saat menggambar 3 Dimensi.

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar