Senin, 24 Agustus 2020

MATERI TOLERANSI GEOMETRIK OLEH Budi Maryanto ST

 

Toleransi geometrik adalah keragaman dari bentuk maximun yang diijinkan atau dari kedudukan geometri yang sempurna. Istilah “geometri” mengacu pada bentuk yang beragam seperti kerucut,silender,persegi. Secara teoritis bentuk-bentuk ini merupakan bentuk yang sempurna, akan tetapi, karena tidak mungkin memproduksi bentuk-bentuk yang sempurna, maka kita perlu menentukan keragaman yang diijinkan. Toleransi geometrik menentukan lebar zona toleransi di mana permukaan atau sumbu dari silender atau lubang harus berada jika elemen mesin di gunakan untuk memenuhi ketelitian.

Jika toleransi bentuk tidak diberikan dalam gambar kerja, maka kita anggap bahwa, tanpa memandang keragaman bentuknya elemen mesin tersebut akan menyesuaikan dan berfungsi secara memuaskan

Toleransi bentuk dan kedudukan atau tempat mengendalikan sifat- sifat dari keragaman bentuk, seperti kerataan, kelurusan, kesejajaran,ketegak lurusan, konsentrisitas, kebulatan, perpindahan sudut dan lain sebagainya.

Auto Cad salah satu progam untuk menggambar teknik, menyediakan fasilitas dari lambang toleransi geometrik pada gambar kerja.

 Cara untuk menampilkan  toleransi geometrik pada gambar kerja yang di gambar dengan Auto Cad adalah :

1.      Klik dimension pada tool bar standar

2.      Klik tolerance

3.      Akan keluar kotak toleransi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS KARAKTER DAN SIMBOL GEOMETRIK

 Tabel dibawah ini menyajikan jenis karakter geometris yang dapat dikontrol oleh toleransi geometrik dengan simbol-simbol untuk di pergunakan pada gambar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam memberikan toleransi geometrik yang menunjukan keragaman bentuk, letak, dan posisi, sering diperlukan elemen geometrik yang lain dalam komponen yang sama sebagai elemen dasar. Berdasarkan pada hubungan elemen dasar ini maka ditentukan toleransi geometrik, baik mengenai toleransi rupa, toleransi profil, toleransi orientasi, toleransi tempat, dan toleransi berputar.

KETENTUAN PENULISAN SIMBOL TOLERANSI PADA GAMBAR

Untuk membedakan dengan simbol-simbol lain, simbol toleransi geometrik ditunjukan dengan ketentuan sebagai berikut:

a.      KOTAK TOLERANSI GEOMETRIK

Simbol toleransi dan persyaratan di tulis di dalam kotak toleransi geometrik yang di bagi menjadi dua atau lebih, penggunaan progam AUTO CAD dapat membantu dalam pembuatan kotak toleransi geometrik dengan cara:

1.      Klik Dimension  pada tool bar standar AUTO CAD

2.      Klik Tolerance pada sub bagian dari Dimension  

3.      Pada kotak dialog  Geometric Tolerance  klik lambang toleransi geometrik beserta nilai toleransi geometrik yang diinginkan

4.      Klik OK  dan tempatkan lambang toleransi geometrik pada area kerja gambar AUTO CAD

b.      PENUNJUKAN ELEMEN YANG DI BERI TOLERANSI GEOMETRIK

Kotak toleransi geometrik di hubungkan dengan elemen yang diberi toleransi geometrik dengan garis penunjuk yang ujung tanda panah harus menempel. penggunaan progam AUTO CAD dapat membantu dalam penunjukan elemen yang diberi toleransi geometrik dengan cara:

1.      Klik Dimension  pada tool bar standar AUTO CAD

2.      Klik Leader pada sub bagian dari Dimension  

3.      Setelah itu tempatkan penunjukan elemen yang diberi toleransi geometrik dengan melakukan klik pada bidang yang diberi toleransi geometrik arahkan untuk menuju pada kotak toleransi geometrik

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar